Ini KurtiSoft

Dengan diberlakukannya Kurikulum 2013 di Indonesia, pelaksanaan penilaian yang dilakukan oleh guru pun ikut berubah. Banyak yang harus dikerjakan oleh guru, berkaitan dengan penilaian. Apalagi yang dinilai bukan hanya ranah pengetahuan, tetapi juga menilai ranah keterampilan dan sikap. Setiap menjelang akhir semester, pekerjaan guru mata pelajaran yang berhubungan dengan penilaian ini dapat dikatakan seabreg. Mengapa demikian, karena guru mata pelajaran harus menyetorkan nilai mata pelajarannya masing-masing ke wali kelas. Sedangkan yang disetorkan bukan hanya satu nilai, tetapi ada 9 nilai.

Nilai-nilai tersebut adalah :

  1. Nilai Pengetahuan (nilai angka, nilai predikat dan nilai deskripsi).
  2. Nilai Keterampilan (nilai angka, nilai predikat dan nilai deskripsi).
  3. Nilai Sikap (nilai predikat, nilai deskripsi dalam mata pelajaran dan nilai deskripsi antar mata pelajaran).

Banyak guru yang mengeluh atau kerepotan yang berhubungan dengan pekerjaan penilaian di Kurikulum 2013 ini. Dengan adanya masalah terbut banyak guru mencari solusi untuk mempermudah pekerjaannya. Salah satunya terutama guru yang sudah melek komputer, yaitu membuat program menggunakan makro atau VBA di Ms. Excel yang akan mempermudah dalam pengolahan nilai. Dengan adanya program-program tersebut maka guru-guru yang lain pun antusial untuk memilikinya dengan harapan akan mempermudah pekerjaannya. Kebetulan program-program penilaian tersebut sudah banyak dipublis di internet sehingga untuk mendapatkannya tinggal download saja. Juga bagi guru yang ikut pelatihan Kurikulum 2013 di mana pun dan sebagai apapun pasti ia akan mendapatkan program tersebut (biasanya disharing oleh instrukturnya).

Setelah guru-guru mendapatkan program penilaian tersebut, namun banyak guru yang mengatakan bahwa program tersebut belum memenuhi harapan. Laporan keluhan yang dapat saya tangkap mengenai program tersebut adalah sebagai berikut :

  • Fasilitas belum lengkap.
  • Masih merepotkan, karena harus mengetik nama siswa, harus mengetik KD dan lain-lain.
  • Feature untuk membuat nilai deskripsi belum ada, walaupun ada masih kaku dan homogen.
  • Feature untuk membuat nilai deskripsi antar mata pelajaran belum ada.
  • Masih menggunakan copy-paste.
  • Satu file Ms. Excel hanya untuk satu mata pelajaran di satu kelas.

Untuk mengatasi kekurangan program-program yang sudah ada maka saya pun merasa tertarik untuk membuat satu program yang akan mempermudah penilaian di Kurikulum 2013.

Pada akhirnya saya dapat menyelesaikannya, program tersebut saya beri nama KurtiSoft.

KurtiSoft adalah software untuk penilaian kurikulum 2013. Berguna untuk membantu guru dalam melakukan input nilai pengetahuan, keterampilan dan sikap menjadi mudah, cepat dan tidak repot. Guru mata pelajaran hanya menginput nilai, tugas lainnya seperti menghitung nilai, membuat predikat, menbuat deskripsi nilai, membuat deskripsi nilai antar mata pelajaran semuanya dilakukan oleh KurtiSoft. Bahkan wali kelas tidak perlu mengisi raport capaian dan raport deskripsi. Semuanya dilakukan oleh KortiSoft.

Bila Anda mencoba memakai KurtiSoft, pasti akan bilang  : Ini dia software yang saya cari. Ini baru software. Bisa begitu ya. Nah ini software sesuai harapan saya. Wah sekarang tidak akan repot lagi, dan lain-lain.

Salam KurtiSoft.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s